Menguasai Dasar Jaringan Dalam Sekejap Part 2

hallo sobat GD, kemarin kita sudah bahas tentang jaringan berdasarkan ukuran dan media penghubungnya pada Menguasai Dasar Jaringan Dalam Sekejap Part 1. ok, sekarang kita akan lanjutkan pembahasan tentang jaringan yang sempat tertunda kemarin.
pembagian jaringan lainnya adalah berdasarkan fungsionalnya. berdasarkan fungsional jaringan komputer terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  • Jaringan Client-Server

ada dua fungsi komputer pada jaringan ini, yaitu sebagai server dan client. server adalah komputer yang bertugan untuk memberikan layanan untuk komputer lain. tugas dari komputer ini unutk mengatur penggunaan sumber daya dan mengelola komputer lain yang terhubung padanya. salah satu contoh sistem operasi yang digunakan dalam komputer server ini adalah Microsoft Windows Server 2003. komputer client adalah komputer lain yang terhubungke server dan meminta layanan yang di perlukan. sistem operasi yang banyak digunakan pada komputer client saat ini adalah Microsoft Windows XP.

  • Jaringan Peer to Peer

dalam jaringan ini, fungsi tiap-tiap komputer sama. setiap komputer bisa menjadi client maupun server tergantung proses yang dilakukan. misal komputer A ingin mencetak ke printer yang ada di komputer B, maka komputer A menjadi client dan komputer B menjadi server. komputer A juga bisa menjadi server, misalnya ketika komputer B mengambil file yang dibutuhkannya di komputer A. pada contoh ini, komputer A menjadi server dan komputer B menjadi client.

pembagian terakhir dari jenis jaringan adalah berdasarkan topologinya. topologi artinya bentuk. berdasarkan topologinya, jaringan komputer bisa dibagi menjadi hal berikut.


  • Jaringan Tipe Bus

pada tipe ini, komputer-kopmuter terhubung dalam suatu garis lurus. oleh karena itu jaringan ini juga sering disebut sebagai jaringan linear. pada awal dan akhir jaringan diberikan suatu alat yang disebut terminator.



  • Jaringan Tipe Star

dari namanya jelas bahwa bentuk jaringan ini seperti bintang. pada jaringan ini diperlukan suatu alat penghubung sebagai pusat yang disebut Hub. Hub inilah yang bertugas mengatur dan meneruskan transmisi antar komputer yang terhubung kepadanya. jaringan ini sering digunakan karena mudah pengaturannya. kalau ada penambahan komputer baru, kita tinggal tambahkan kabel dan menghubungkan komputer baru tersebut ke Hub.



  • Jaringan Tipe Ring

seperti namanya, komputer pada tipe ini terhubung dan berbentuk melingkar seperti cincin. tiap komputer terhubung ke dua komputer lainnya dan membentuk satu lingkaran.


dari begitu banyak jenis dan pembagian jaringan, yang sering digunakan dalam perusahaan :

  1. LAN
  2. Media kabel UTP
  3. Jaringan bentuk Client-Server
  4. Tipe Star


dalam membuat sebuah jaringan komputer, ada beberapa hal yang dibutuhkan yaitu.

  1. minimal 1 komputer sebagai Server.
  2. minimal 1 komputer sebagai client (jadi dalam satu jaringan minimal harus ada dua komputer).
  3. alat penghubung seperti kartu jaringan dan Hub/Switch (untuk jaringan Star).
  4. media penghubung, misalnya kabel UTP.
  5. Sistem Operasi baik untuk komputer server maupun client.  


Sampai disini pembahasan kita tentang dasar jaringan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman yang ingin mempelajari tentang jaringan, mohon maaf apabila masih ada kekurangan atau kesalahan dalam pembahasan ini, karena admin juga manusia bisa yang pengetahuannya terbatas, karena pengetahuan yang sempurna itu hanya milik Allah SWT.


















Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, Mohon maaf sebelumnya, kalau masih ada menu yang kosong, soalnya blog ini baru dan masih dalam tahap pengembangan :D
silahkan berkomentar dan gunakan kata-kata yang bijak, tidak Mengandung kata kasar, tidak Berbau Porno, tidak mencantumkan link aktif. Terima Kasih