Menguasai Dasar Jaringan Dalam Sekejap Part 1

di dalam satu kota, terdapat banyak rumah dan gedung. setiap rumah dan gedung memiliki alamatnya masing-masing. Untuk menghubungkan tiap rumah dan gedung dibutuhkan sebuah jalan. Dengan adanya jalan ini, setiap penghuni rumah bisa saling berkomunikasi dengan penghuni rumah lainnya. Terjadilah pertukaran informasi di sana. Inilah yang disebut sebagai jaringan dalam suatu kota.

Tidak jauh berbeda dengan jaringan komputer. Didalam suatu jaringan komputer, terdapat banyak komputer dengan alamatnya masing-masing. Tiap komputer memiliki informasi dan melalui suatu jaringan, komputer bisa saling bertukar informasi satu sama lain.

kalau anda punya komputer di rumah yang tidak terhubung ke komputer lain, maka komputer kamu disebut sebagai komputer yang stand alone. Di dalam suatu peusahaan, komputer biasanya terhubung dalam suatu jaringan (network). Tujuan utama penggunaan jaringan ini untuk pertukaran data dan sumber daya. Untuk lebih jelasnya kita akan eksplorasi lebih dalam tentang jaringan komputer. Berdasarkan ukurannya, jaringan komputer dibagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut.

  • LAN (Lokal Area Network)
LAN adalah jaringan komputer yang cakupannya terbatas pada suatu lokasi kecil, misalnya di dalam suatu rumah, gedung, atau kantor. LAN ini merupakan bentuk jaringan yang paling sering digunakan dalam suatu perusahaan terutama perusahaan kecil.

  • MAN (Metropolitan Area Network)
Dari singkatannya sudah jelas bahwa MAN memiliki cakupan yang lebih luas dari LAN. MAN meliputi lokasi dalam suatu kota. misalnya, ada perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang di jakarta, ada kantor di sudirman, kuningan, dan grogol. MAN merupakan jaringan penghubung antar kantor-kantor cabang tersebut, yaitu kantor cabang sudirman, kuningan, dan grogol.

  • WAN (Wide Area Network)
WAn merupakan jaringan dengan cakupan yang lebih luas lagi. Misalnya, perusahaan memiliki kantor pusat di jakarta dan kantor cabang di surabaya, medan, semarang dan bandung. WAN menghubungkan antar kantor cabang di kota-kota yang berbeda tersebut.


kita sudah mengetahui jaringan berdasarkan ukurannya. Jaringan komputer Juga bisa di bagi berdasarkan media penghubungnya. istilah media penghubung ini sama dengan jalan pada suatu kota. Berdasarkan media penghubungnya, jaringan komputer bisa di bagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  • Wired Network (Jaringan Kabel)
merupakan jaringan yang mengunakan media penghubung berupa kabel. pada jenis jaringan ini, kabel penghubungnya bisa berupa kabel Twisted Pair, Coaxial, dan Fiber Optic. yang jelas dalam jaringan jenis ini, ada kabel yang akan menjadi penghubung tiap komputer. kabel yang sering digunakan suatu LAN adalah kabel Twisted Pair (jenis UTP = Unshield Twisted Pair) karena lebih mudah dan murah.

  • Wireless Network (Jaringan Nirkabel)
Merupakan jaringan yang menggunakan media selain kabel sebagai penghubung, yaitu transmisi gelombang radio, microwive, atau infrared. pernahkah anda mendengar istilah hot spot?.. Hot spot adalah salah satu contoh jaringan Wireless. biasanya hot spot lebih kepada akses internet secara wireless.

ok, sampai di sini dulu postingan saya kali ini, karena waktu sudah larut malam dan mata juga sudah 5 wat. kita akan lanjut lagi pada postingan berikutnya, Menguasai Dasar Jaringan Dalam Sekejap Part 2.


Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, Mohon maaf sebelumnya, kalau masih ada menu yang kosong, soalnya blog ini baru dan masih dalam tahap pengembangan :D
silahkan berkomentar dan gunakan kata-kata yang bijak, tidak Mengandung kata kasar, tidak Berbau Porno, tidak mencantumkan link aktif. Terima Kasih